Kami Disini

Jumat, 04 November 2016

Apa Itu Baja Ringan???

dalam postingan kali ini admin sengaja mengajak kawan-kawan Rekabaja Utama untuk berbagi pengetahuan tentang baja ringan. baik asal-usul komponen yang digunakan dalam pembuatan baja ringan dan penggunaan baja pertama kali digunakan oleh manusia???

yuk langsung aja kita simak bersama yang ane kutip dari berbagai sumber..

APA ITU BAJA???


Baja merupakan campuran yang terdiri dari berbagai campuran logam paduan, dimana logam besi sebagai unsur dasar dicampur dengan beberapa elemen lainnya, termasuk karbon. Kandungan unsur yang terdapat karbon di dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1%  sesuai berat per gradenya. Elemen-elemen berikut ini selalu ada dalam baja diantaranya: karbon, mangan, fosfor, sulfur, silikon, dan sebagian kecil oksigen, nitrogen dan aluminium. Selain itu, ada elemen lain yang ditambahkan untuk membedakan karakteristik antara beberapa jenis baja diantaranya: mangan, nikel, krom, molybdenum, boron, titanium, vanadium dan niobium Dengan memvariasikan kandungan karbon dan unsur paduan lainnya, berbagai jenis kualitas baja bisa didapatkan. Fungsi dari karbon sendiri dalam baja adalah sebagai unsur pengeras dengan mencegah dislokasi bergeser pada kisi kristal (crystal lattice) atom besi. Baja karbon ini dikenal sebagai baja hitam karena berwarna hitam, banyak digunakan untuk peralatan pertanian misalnya sabit dan cangkul.

SEJARAH BAJA ITU SENDIRI

Meskipun baja sebelumnya telah diproduksi oleh pandai besi selama ribuan tahun, penggunaannya menjadi semakin bertambah ketika metode produksi yang lebih efisien ditemukan pada abad ke-17. Dengan adanya penemuan proses Bessemer di pertengahan abad ke-19, baja menjadi material produksi massal yang membuat harga produksinya menjadi lebih murah. Saat ini, baja merupakan salah satu material paling umum di dunia, dengan produksi lebih dari 1,3 miliar ton tiap tahunnya.  Penggunaan baja sebagai bahan teknik sudah lama dilakukan dan upaya meningkatkan untuk meningkatkan kualitas baja itu sendiri sudah dilakukan jauh sebelum perang dunia kedua. Sedemikian tinggi pengetahuan mereka terhadap pengaruh persenyawaan kimia dari berbagai bahan mineral serta pengaruhnya terhadap sifat baja yang hingga sekarang teori tersebut digunakan sebagai dasar pengembangan bahan-bahan baja itu sendiri. 


KARATERISTIK BAJA ITU SENDIRI.

Besi dapat ditemukan pada bagian inti dari kerak bumi yang berbentuk  dalam bentuk bijih, biasanya dalam bentuk besi oksida seperti magnetit dan hematit. besi diekstraksi dari bijih besi dengan menghilangkan atom oksigen dan kemudian menggabungkannya kembali dengan atom lain seperti karbon. Proses ini disebut smelting. Ada sejumlah kecil besi yang sudah melalui proses ini pada masa lampau dengan cara memanaskan bijih yang ditanam pada bara api dan kemudian menggabungkan kedua logam dengan menempanya palu. lalu bagaiman kita dapat mengetahui karakteristik dari baja itu sendiri?.  dalam pembuatan baja itu sendiri terdapat tiga klasifikasi baja berdasarkan  sifat dari baja itu sendiri, diantaranya :
  • Baja karbon rendah (low carbon steel) – machine, machinery dan mild steel.
  • 0,05 % – 0,30% C.
  • Sifatnya mudah ditempa dan mudah di mesin.
  • Penggunaannya:
  • - 0,05 % – 0,20 % C : automobile bodies, buildings, pipes, chains, rivets, screws, nails.
  • - 0,20 % – 0,30 % C : gears, shafts, bolts, forgings, bridges, buildings.
  • Baja karbon menengah (medium carbon steel)
  • Kekuatan lebih tinggi daripada baja karbon rendah.
  • - Sifatnya sulit untuk dibengkokkan, dilas, dipotong. Penggunaan:
  • - 0,30 % – 0,40 % C : connecting rods, crank pins, axles.
  • - 0,40 % – 0,50 % C : car axles, crankshafts, rails, boilers, auger bits, screwdrivers.
  • - 0,50 % 0,60 % C : hammers dan sledges.
  • Baja karbon tinggi (high carbon steel) – tool steel
  • - Sifatnya sulit dibengkokkan, dilas dan dipotong. Kandungan 0,60 % – 1,50 % C
  • Penggunaan
  • - screw drivers, blacksmiths hummers, tables knives, screws, hammers, vise jaws, knives, drills. tools for turning brass and wood, reamers, tools for turning hard metals, saws for cutting steel, wire drawing dies, fine cutters.
Apa itu  Baja Ringan???

pasti banyak orang yang mengira bahwa semua baja itu sama dalam pembuatan dan karakteristiknya. tetapi kalo kita perdalam lagi sebetulnya dalam pembuatan serta karakteristik dari baja ringan itu beda dengan baja konvensional lainnya. hal itu disebabkan karena Baja ringan itu adalah baja canai dingin dengan kualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis namun kekuatannya tidak kalah dengan baja konvensional. Baja ringan memiliki tegangan tarik tinggi (G550). yang memiliki daya kuat tarik hingga mencapai 550 MPa (Mega Pascal). dengan standar bahan ASTM A792, JIS G3302, SGC 570. lalu kelebihan dari baja ringan sendiri adalah adanya lapisan pelindung yang memadai (coating) hal itu dilakukan guna mencegah korosi pada baja itu sendiri. Jenis coating pada baja ringan yang banyak beredar dipasaran adalah Galvanized (Galvanis), Galvalume, atau sering juga disebut sebagai zincalume.

nah itulah sedikit gambaran/penjelasan singkat dari baja ringan yang bisa admin jelaskan.. jika ada kekurangan atau memiliki pengetahuan yang lebih baik dari ane tolong dijawab di kolom comentar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar