Kami Disini

Jumat, 04 November 2016

Membedakan Baja Galvanis dan Galvalume

mungkin dibenak kita pernah bertanya-tanya tentang perbedaan antara baja berlapis Galvanis, dengan Baja berlapis Galvalume serta apa sih kelebihan dan kekurangan produk tersebut???

sebelum kita membahas lebih dalam, ada baik nya kita kupas satu-satu tentang baja tersebut  terlebih dahulu..


Baja Galvanis.

kita mulai ulas dari baja Galvanis, istilah Galvanisasi  adalah proses dari pelapisan seng pelindung pada baja (sebagian lagi menyebut Galvanis adalah istilah untuk baja ringan yang diberi lapisan seng (zinc). Untuk proses  galvanisasi sendiri proses finishingnya terdiri dari: 98% unsur coatingnya adalah seng/zink dan sisa kadar 2% nya adalah unsur alumunium).

Lapisan seng (zinc) tersebut digunakan untuk mencegah korosi pada lapisan baja itu sendiri.  sementara Istilah galvanisasi sendiri  diambil dari nama seorang ilmuwan berkebangsaan Italia Luigi Galvani.

Metode galvanisasi  sudah dilakukan sejak abad ke 19, dan dipatenkan di Paris oleh Stanislas Sorel di tahun 1837

Kelebihan dari Baja Galvanis
Galvanisasi dengan produk akhirnya yang sering disebut sebagai Galvanis, yang melibatkan proses elektrodeposisi dan elektrokimia sebagai proses akhirnya, metode yang paling lazim digunakan saat ini adalah hot-dipgalvanisasi, dimana bagian-bagian baja yang biasanya sudah jadi direndam dalam bak seng cair yang berisi cairan timah yang berlangsung secara terus menerus tanpa terputus .

Source Image From Google
Kekurangan Dari Baja Galvanis

Meskipun telah dilakukan proses pelapisan zinc pada baja (galvanis) tersebut, pada tempo 1 tahun biasanya akan tetap timbul karat tetapi hal itu biasa terjadi serta jangan kuatir karat tersebut tidak akan langsung menyerang kedalam plat baja lembaran dikarenakan terlindungi oleh lapisan Galvanis.                                      

Baja Galvalume

pengertian dari baja Galvalum sendiri merujuk pada bahan material baja yang digunakan dimana terdapat unsur pelapisan dari alumunium dan zinc, yang terdiri dari: 55% unsur coating aluminium, 43,5%  unsur seng/zink dan 1,5% sisanya mengandung unsur silikon.

Source Image From Google


Kelebihan Serta Kekurangan Dari Baja Galvalume

kelebihan dari baja Galvalume sendiri disebabkan karena memiliki kandungan alumunium yang tinggi pada lapisan Galvalume, sehingga membuat baja Galvalume lebih baik untuk daya tahan karat dibandingkan dengan Galvanis. Tetapi perlu diketahui juga bahwa unsur kandungan yang terdapat dalam  Alumunium sangat rentan/tidak tahan terhadap semen dibandingkan dengan Zinc / seng. Dan tentu saja Alumunium tidak akan mau berkorban untuk melindungi baja terhadap polutan-polutan karat. Tetapi alumunium jauh lebih tahan terhadap karat dibandingkan dengan Zinc/seng.

Kesimpulan :

dari segi pemahamam lapisan baja Galvanis dan Galvalume sebetulnya sama dalam hal komposisi material yang digunakan yaitu sama-sama dilapisi oleh seng (zink) dan yang membedakannay adalah seberapa besar  kandungan komposisi dari seng yang digunakan serta proses finishing yang berbeda pula.

demikian info yang ane share tentang pengetahuan dalam membedakan lapisan baja berbahan Galvanis dan Galvalume. semoga bermanfaat untuk kita semua

1 komentar: