Kami Disini

Jumat, 04 November 2016

Apa Itu Powder Coating dan Bagaimana prosesnya??

Powder Coating mungkin kita pernah mendengar tentang istilah tersebut tetapi masih banyak dari kita yang masih belum tahu apa itu sebetulnya Powder Coating??. untuk itu yuk kita cari tahu bersama mengenai Powder Coating tersebut.

secara harfiah Powder Coating adalah suatu proses yang dilakukan dalam teknik pengecatan pada baja dengan tujuan memberikan pelapisan pada pigmen warna yang diterapkan ke permukaan besi, dimana kelebihannya memberikan hasil lapisan warna yang lebih terang, tebal dan lebih tahan daripada cat biasa, baik melalui teknik semprot atau teknik cat dengan kuas.

dalam proses Powder Coating sendiri   Terdapat 2 (dua) teknik dalam pengecatan powder coating:

1 Pencelupan

Benda yang akan dilapisi dicelupkan kedalam bak yang berisi powder coating yang telah diberi muatan elektrostatik.

2. Penyemprotan

Powder coating yang telah diberi muatan elektrostatik tersebut di semprotkan kepada objek yang akan dilapisi. Untuk Box Silent Ventra menggunakan teknik yang kedua ini, yaitu teknik penyemprotan.


Source Image From Google


Proses Treatment.

pada Proses ini biasanya melalui beberapa tahap proses treatment yang agak panjang karena bertujuan mempersiapkan permukaan baja untuk dapat terlapisi dengan sempurna.
Salah satunya adalah proses Degreasing, yaitu sebuah proses pencelupan material pada bahan kimia lalu disemprot pada air bersih yang bertujuan membersihkan material dari kotoran-kotoran lemak (grease) yang melekat. Sebagaimana kita ketahui, material pada plat baja biasanya dilumuri oleh oli pada permukaannya dengan tujuan tidak bersentuhan langsung dengan udara yang dapat menimbulkan karat. Lapisan ini harus dibersihkan secara menyeluruh sebelum permukaan dicat agar cat dapat menempel sempurna pada material. 


Water rinse after degreasing atau  pembilasan dengan setelah proses Degreasing


water rinse dilakukan setelah proses degreasing dengan tujuan untuk membersihkan permukaan logam dari sisa-sisa larutan degreasing. Untuk mendapatkan hasil yang baik maka diperlukan penggantian air yang melimpah (over flow) dengan maksud untuk mengurangi kadar kontaminasi pada tangki Water rinse tersebut.


selanjutnya adalah proses Phosphating, yaitu suatu proses merendam material dalam cairan kimia anti karat, biasanya berwarna keabu-abuan. Setelah itu barulah dimulai proses coating dengan menyemprotkan serbuk warna pada seluruh permukaan material secara merata. Oleh karena proses berjalan kimiawi maka dalam prakteknya terdapat penambahan bahan kimia pembantu yaitu AC-131 yang berfungsi sebagai katalis reaksi yang memberi keoptimalan coating pada permukaan logam.

WATER RINSE AFTER PHOSPHATING

Water rinse setelah phosphating berfungsi untuk membersihkan permukaan logam yang telah ter-coating dari sisa reaksi selama proses phosphating. Hasil akan lebih baik jika penggantian air dikondisikan berlebih dengan tujuan menghilangkan kadar kontaminasi pada tangki berkurang. Apabila bagian atas produk masih belum bersih maka dapat dibantu dengan spraying saat produk tersebut keluar dari tangki Water rinse.

DEMINERAL-IONIZED WATER RINSE

ini merupakan Proses dalam pencucian terakhir pada proses pre-treatment, berfungsi untuk mengurangi kontamiasi serta kotoran pada produk yang telah ter-coating, sehingga lapisan tetap tahan dan kuat terhadap karat. 

akhir dari semua tahapan tersebut adalah dengan memasukan baja yang sudah dicat tersebut kedalam oven dengan suhu 150-200 celcius hal itu bertujuan agar lapisan cat menempel dengan sempurna pada baja/besi tesebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar