Kami Disini

Senin, 14 November 2016

Membedakan Baja dan Besi Lebih Detail

Apakah para sahabat Rekabaja Utama pernah bertanya-tanya bedanya Baja dengan Besi.???
nah, dalam artikel kali ini kita akan membahasnya secara lebih dalam dan detail antara perbedaan Besi dan Baja sebenarnya.

sekilas kalo kita lihat secara kasat mungkin kita akan terkecoh bahwa Baja dan besi itu sama dan tidak ada perbedaanya tetapi kalo misalkan kita beranggapan seperti itu salah?. kenapa saya bilang salah karena Besi dan baja merupakan jenis logam yang serupa namun bisa dikatakan berbeda atau tak sama. Besi dan baja masuk ke dalam logam jenis ferrous atau logam dengan bahan dasar Fe. dan yang hal dasar untuk membedakannya adalah sebagai Berikut :
  1. kandungan Karbon
besi dan baja, kedua-duanya mengandung komponen yang serupa yaitu zat karbon yang membuatnya  memiliki struktur kokoh. perBedaanya, kandungan isi karbon pada besi lebih tinggi daripada baja, besi  memiliki kandungan karbon hingga 2-4 persen sedangkan baja hanya  memiliki kadar karbon yang jumlahnya 0,04-2 persen.

     2. Tingkat Kekerasan

dilihat dari Kandungan karbon yang dimiliki, ternyata hal itu pun berpengaruh besar terhadap tingkat kekerasan yang dimiliki besi dan baja. Pada dasarnya, besi lebih keras dibandingkan dengan baja. 

     3. Elastisitas Bahan

Elastisitas/kelenturan besi dan baja adalah hal ke 3 yang bisa kita ketahui secara langsung. umumnya, bahan yang terbuat dari besi lebih elastis daripada baja. cara mengujinya sendiri dengan cara membengkokkan sebuah paku besi dan paku baja. Paku yang terbuat dari bahan besi akan bengkok,  tetapi jika paku baja akan  patah kalau dipaksakan untuk bengkok.

     4. Ketahanan,Kekuatan dan Kekokohoan Kualitas

dari tingkat ketahanan,kekuatan dan kekokohan yang dimiliki baja lebih besar daripada besi. Hal ini disebabkan adanya penambahan unsur-unsur penguat (karbida) pada saat proses pembuatan baja. maka dari itu, kerangka baja lebih banyak dipilih karena terbukti lebih tangguh.

     5. Harga

untuk harga pasaran di Indonesia, harga besi lebih mahal jika dibandingkan dengan baja. Wmeskipun permintaan akan baja lebih tinggi, tetap saja  harganya  masih berada di bawah harga besi. Kemungkinan besar hal ini disebabkan karena kandungan unsur-unsur keduanya, di mana besi memiliki tingkat konsentrasi penyusun yang lebih baik tanpa adanya campuran zat tambahan.

Source Image From Google
Source Image From Google
Itulah Penjelasan singkat perbedaan antara Besi dan Baja sebenarnya. dan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang perbedaan Besi dan Baja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar